Jadwal Sidang

Pengadilan Agama Kendal memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara. Informasi yang disuguhkan yaitu jadwal sidang untuk hari ini, jadwal persidangan yang lalu maupun yang akan datang.

Lebih Lanjut

Penelusuran Perkara

Sampai sejauh mana perkara anda ditangani di Pengadilan Agama Kendal. Silahkan anda telusuri informasinya melaui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Melalui SIPP, anda akan mengetahui tahapan, status, biaya dan riwayat perkara.

Lebih Lanjut

 

20190828002

Pengadilan Agama Kendal Kelas 1 A, bekerjsama dengan Pemerintah Kabupaten Kendal (Dispendukcapil), Kementerian Agama Kendal, Baznas Kendal dan LSM Pekka Kendal menyelenggarakan Sidang Itsbat Nikah Terpadu, Rabu (28/8/2019) di Wisma Atlit Kompleks Stadion Utama Kendal, Kota Kendal. Sidang tersebut berhasil mengesahkan pernikahan 8 pasangan suami-istri dari 8 wilayah kecamatan di Kabupaten Kendal.

Sidang “Itsbat Nikah” adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi syarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun penyebutan “Itsbat Nikah Terpadu” karena melibatkan tiga lembaga yakni Mahkamah Agung, Kemendagri dan Kemenag yang pada level pelaksanaan melibatkan Pengadilan Agama Kendal Kelas I A, PEMDA Kabupaten Kendal dan Kemenag Kabupaten Kendal.

Sebagian masyarakat ada yang pernikahannya tidak tercatat secara resmi disebabkan faktor ekonomi, biaya, geografi atau lainnya. Namun di sisi lain, Dokumen-dokumen berupa Akta Nikah maupun Akta Kelahiran sangat penting bagi pasangan tersebut maupun keturunannya. Hal itu membawa akibat hukum seperti : Kewarisan, kewarganegaraan, jasa raharja, status anak dan lainya. Sedangkan menurut undang-undang, setiap warga negara Republik Indonesia berhak mendapatkan pengakuan dan kepastian hukum.

Oleh karena itu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menerbitkan PERMA Nomor 1 tahun 2015 tentang “Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) /Mahkamah Syari’ah. Penerbitan Perma tersebut dikeluarkan dalam rangka untuk penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran”.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kendal, Dr. Abdul Kholiq, SH, MH menjelaskan, bahwa sidang Itsbat tersebut dapat terselengara utamanya berkat dukungan penuh Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si (Pemkab Kendal) lewat Dispenduk Capil khususnya lewat surat pengesahan KTP dan akta, Kementrian Agama dan instansi terkait lain dan Basnaz Kabupaten Kendal sehingga kegiatan bisa terselengara dengan baik.

"Saya sangat mengapresiasi dukungan yang telah diberikan dan mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Ibu Bupati Kendal yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materiil demi terselenggaranya kegiatan ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal dan Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kendal, Ir. Bambang Dwiyono sebagai pelaksana dalam kegiatan hari ini," ungkap Kholiq.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah kabupaten Kendal mewakii Bupati kendal, Ir. Sugiyono, MT mengatakan, bahwa pelaksanaan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk.

APLIKASI APLIKASI PENDUKUNG PENGADILAN AGAMA KENDAL

abs jdih lpse perpus simkara  
direktori komdanas pengaduan sikep sipp