Akreditasi Penjaminan Mutu

AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

PENGADILAN AGAMA KENDAL KELAS I-A TAHUN 2018

         Dalam rangka peningkatan layanan kepada Para Pencari Keadilan oleh Pengadilan Agama telah dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan Akreditasi Penjaminan Mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik dalam pelayanan Administrasi Manajemen, Kesekretariatan dan Kepaniteraan.

         Akreditasi Penjaminan Mutu merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Pengadilan Agama. Pada Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama, terdapat peran Pengadilan Tinggi Agama sebagai pembina Pengadilan Agama, peran lembaga independen penyelenggara Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama sebagai penyelenggara Akreditasi Penjaminan Mutu dan peran Pusat sebagai regulator. Penyelenggaraan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama yang dilakukan oleh lembaga independen tersebut meliputi tahapan Asesmen dan tahapan penetapan Akreditasi Penjaminan Mutu.

         Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama dilakukan oleh Komite Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

        Objek dalam pelaksanaan dan penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah Pengadilan Agama sesuai dengan Peraturan. Unsur yang dinilai dalam pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iah meliputi : 1) administrasi manajemen, 2) administrasi kesekretariatan, 3) administrasi sarana prasarana dan 4) administrasi kepaniteraan.

         Pengadilan Agama Kendal Kelas I-A sudah menetapkan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama berdasarkan SK ketua Nomor W11-A7/786/OT.01.2/III/2018 tanggal 1 Maret 2018. Tim tersebut sudah melaksanakan kegiatan sesuai tugas tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan standar Akreditasi Penjaminan Mutu. Hasil pelaksanaan tersebut telah dievaluasi dan dinilai oleh Asesor Internal pada tanggal 24 April 2018 yang yang bertugas berdasarkan SK Ketua Nomor W11-A7/787/OT.01.2/III/2018 tanggal 1 Maret 2018.

         Asesmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilakukan oleh Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu yang kompeten untuk melakukan Asesmen Akreditasi Penjaminan Mutu secara objektif yang didasarkan pada standar dan poin penilaian yang ada pada standar Akreditasi Penjaminan Mutu yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.       

sertif

Asesmen Eksternal dilaksanakan pada tanggal 14 sd. 16 Mei 2018 oleh Tim Penilai Penilai Eksternal yang terdiri dari :

  1. Hj. Diah Anggraeni, S.H, M.H (Lead Assesor/PTA. Jawa Timur)
  2. DR. H. Trubus Wahyudi, S.H, M.H (Assesor Kepaniteraan/PTA Jawa Tengah)
  3. Diah Kusuma Hanuraningtyas, S,Kom. (Assesor Kesekretariatan/PTA. Jawa Tengah)
  4. Masnan Eriyanto (Assesor Sarana Prasana/PTA. Jawa Tengah).

Hasil dari asesmen eksternal dikirimkan kepada Komite Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama untuk diverifikasi dan ditetapkan untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama. Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian Asesor Eksternal yang telah diverifikasi, maka Komite Akreditasi Penjaminan Mutu menetapkan serta mengumumkan bahwa Pengadilan Agama Kendal Kelas I-A memperoleh Akreditasi B (Baik).

Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Kendal         Kelas I-A diserahkan langsung oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 13 Juli 2018 di Balikpapan, bersamaan dengan penyerahan Sertifikat Akreditasi Pengadilan pada lingkungan Peradilan Umum, Militer dan Tata Usaha Negara.

APLIKASI APLIKASI PENDUKUNG PENGADILAN AGAMA KENDAL

abs jdih lpse perpus simkara  
direktori komdanas pengaduan sikep sipp